Sabtu, 26 Desember 2009

Jual Ikan Bandeng Segar | CARA PEMBENIHAN IKAN BANDENG

Pusat jual ikan bandeng segar Jadebotabek Hubungi bp harnoto hp 02198572036/081383650665 /08176667892/

Cara budi daya bandeng pertama adalah pembibitan atau yang di sebut dengan nener

nener ini calon bandeng alias bibit yang masih kecik yaitu sebesr sedotan bibit ini. salah satu sarana produksi yang utama dalam usaha budi daya bandeng segar meskipun budidaya bandeng ini bisa di bilang lambat kalau di bandingkan dengan budidaya udang. biasanya kendala di bidang pembibitan atau nyari benih bandeng, selama ini produksi benih belum mencukupi kebutuhan untuk para budidaya bandeng karna orang yang budidaya bandeng segar ini semakin tahun semakin meningkat. maka dari itu usaha pembenihan bandeng sangat penting bisanya pembenihan bandeng ini banyak di adakan di daerah sawo jajar brebes jawa tengah. di daerah inilah yang terkenal kwalitasnya paling bagus diantara bandeng-bandeng dari daerah lain di indonesia.
Teknologi produksi benih di hatchery telah tersedia dan dapat diterapkan baik dalam suatu Hatchery Lengkap (HL) maupun Hatchery Sepenggal (HS) seperti Hatchery Skala Rumah Tangga (HSRT). Produksi nener ini di adakan di hatchery sepenggal dapat diandalkan. Karenaresiko kecil, biaya rendah dan hasil memadai. Hatchery sepenggal sangat cocok dikembangkan di daerah miskin sebagai salah satu upaya penaggulangan kemiskinan bila
dikaitkan dalam pola bapak angkat dengan hatchery lengkap (HL). Dilain pihak, hatchery lengkap (HL) dapat diandalkan sebagai produsen benih bandeng (nener) yang bermutu serta tepat musim, jumlah dan harga. Usaha pembenihan bandeng di hatchery dapat mengarahkan kegiatan budidaya menjadi kegiatan yang mapan dan tidak terlalu dipengaruhi kondisi alam serta tidak memanfaatkan sumber daya secara berlebihan. Dalam siklusnya yang utuh, kegiatan budidaya bandeng yang mengandalkan benih hatchery bahkan dapat mendukung kegiatan pelestarian sumberdaya baik melalui penurunan terhadap penyian-nyian sumber daya benih species lain yang biasa terjadi pada penangkapan nener di alam maupun melalui penebaran di perairan pantai (restocking). Disisi lain, perkembangan hatchery bandeng di kawasan pantai dapat dijadikan titk tumbuh kegiatan ekonomi dalam rangka pengembangan wilayah dan penyerapan tenaga kerja yang mengarah pada pembangunan berwawasan lingkungan. Pada giliranya, tenaga yang terserap di hatchery itu sendiri selain berlaku sebagai produsen juga berlaku sebagai kondumen bagi kebutuhan kegiatan sehari-hari yang dapat mendorong kegiatan ekonomi masyarakat sekitar hatchery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar